SELAMAT DARI BAHAYA SIFAT MUNAFIK

"Apa itu munafik?" tanya seorang anak pendidikan TK kepada salah satu gurunya. Sebetulnya banyak orang yang melabelkan kata "munafik" ke yang lain, namun tak sadar bahwa diri sendiri terkadang melakukan. Astagfirullah .... (jangan sampai kita tertular penyakit hati yang ini ya, adik-adik). Yuk, kenali dulu hakikatnya.
Munafik adalah suatu sifat. Sifat yang bagaimana? Sifat seseorang yang mengaku beriman, tapi hakikatnya tidak beriman. Di zaman Rasulullah disebutkan olehnya ciri orang munafik.
1. kalau berbicara, berdusta
2. kalau dipercaya, berkhianat
3. kalau berjanji, tidak menepati
Manusia yang menjauh dari Allah dan ajaran-Nya, pasti akan terjaring perangkap setan. Kalau sudah begitu, setan pun akan menjerat mereka dalam kemunafikan. Sebab setan adalah rajanya munafik, maka semakin tinggi kemunafikan, maka akan disenangi setan. Sedangkan orang yang mendekat kepada Allah, tidak merasaperlu memelihara kemunafikan dalam dirinya. Karena dia sadar bahwa harga diri berada pada  ketakwaan kepada Allah SWT.
Bagaimana menghindari diri dari sifat munafik? Shalat Berjamaah salah satu jawabannya. Shalat berjamaah membentuk kepribadiaan yang penuh pengabdian kepada Allah SWT, sehingga pelakunya terhidar dari sifat munafik. resep ini berlaku umum, ya. Jadi, tidak ada salahnya kita coba, adik-adik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN "PARMIN" Karya Jujur Prananto

Teknik Membaca Ekspresif di Atas Pentas

Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik