Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik

Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragaf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengartian dengan daya penulisan yang singkat, akurat dan padat.

Struktur Teks eksposisi, antara lain adalah:
- Tesis (Pembukaan)
- Argumentasi (Isi)
- Penegasan ulang (Penegasan ulang) 


Ciri-ciri atau Karakteristik Teks eksposisi
a. Menjelaskan informasi agar pembaca mengetahuinya.
b. Menyatakan sesuatu yang benar-benar terjadi (data faktual).
c. Tidak terdapat unsur mempengaruhi atau memaksakankehendak.
d. Menunjukkan analisis atau penafsiran secara objektif terhadap fakta yang ada.
e. Menunjukkan sebuah peristiwa yang terjadi.

Tesis
  1. Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering dilibatkan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.
Argumentasi
  1. Sayuran wortel ini ternyata juga sangat nikmat jika dibuat jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, adapun manfaatnya yaitu mengobati demam pada anak, menghilangkan nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar.
Penegasan ulang pendapat
  1. Manfaat jus wortel yang paling utama adalah memberikan asupan vitamin A untuk tubuh sehingga kesehatan mata dapat terjaga. Selain itu manfaat wortel juga bisa digunakan sebagai obat tradisional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN "PARMIN" Karya Jujur Prananto

Teknik Membaca Ekspresif di Atas Pentas