Susahnya Shalat Fardhu

Assalamualaikum wr.wb. 

Seperti yang kita ketahui, kewajiban utama pemeluk agama Islam adalah shalat. Setelah seseorang mengikrarkan  diri dengan mengucapkan tiga kalimat syahadat, selanjutnya orang tersebut wajib melaksanakan shalat fadhu. Sekedar info aja ya ....

Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya shalat itu atas orang-orang mu'minin sebagai kewajiban yang berwaktu. Hai orang-orang beriman, janganlah dilalaika oleh kesibukan terhadap harta dan anak-anakmu untuk mengerjakan dzikrullah (shalat), dan siapa yang berbuat begitu maka merekalah yang rugi".

Ibn Umar r.a berkata: Rasulullah saw bersabda: "Pertama yang diwajibkan atas umatku shalat lima waktu, dan pertama yang terangkat dari mereka shalat lima waktu, dan pertama yang akan ditanya dari amal mereka shalat lima waktu, maka siapa yang mengurangi  sedikit daripadanya?"


Dalam kitab Azzawajir susunan Ahmad bin Hajar Alhaitami berkata, tersebut dalam hadits :
"Siapa yang menjaga shalat lima waktu  maka Allah akan memuliakannnya dengan lima macam."
Apa saja itu, yuk kita baca!
1.    Dihindarkan kesempitan hidup.
2.    Dihindarkan siksa kubur.
3.    Diberi kitab amalnya dengan tangan kanannya.
4.    Berjalan diatas shirat bagaikan kilat.
5.    Masuk surga tanpa hisab.

Dan siapa yang meremehkan (meninggalkan) shalat akan dihukum oleh Allah dengan lima siksaan di dunia. 
1.    Dicabut berkat umurnya.
2.   Dihapus tanda orang salih dari mukanya.
3.   Tiap amal yang dikerjakan tidak diberi pahala oleh Allah.
4.   Do'anya tidak dinaikkan kelangit.
5.   Tidak dapat bagian dari do'a orang-orang sholeh

Banyak sekali alasan kaum muslimin dan muslimah meninggalkan shalat fardhu. Dari Orang tua dan yang muda. Yang punya kesibukan kerja luar biasa sampai yang nggak punya kerjaan pun, bermalas-malasan melaksanakan shalat fardhu. Wadu, bahaya ini jika dibiarkan berlarut-larut. Apa agama Islam ini hanya sekedar identitas diri di atas kertas??? (Astagfirullah ....)
Bagaimana ya, agar generasi muslim dan muslimah ini menyadari bahwa shalat itu tiangnya agama, sehingga mau melaksanakannya dengan ikhlas. Berikut sekedar tips untuk memotivasi diri.

  • Jadikan shalat fardhu sebagai kebutuhan. Layaknya pakaian yang menutupi aurat, layakanya makanan yang mengenyangkan, minuman yang mengghilangkan dahaga, atau layakanya rumah sebagai tempat berteduh. Sehingga di mana pun dan kapan pun kita berada, harus terpenuhi.
  • Perbanyak mengingat kematian. Apabila sering mengingat kematian seseorang bisa terjadi suatu saat, maka kita semakin takut melalaikan shalat.
  • Mulailah dengan merasa senang. Buatlah shalat itu sebagai kegiatan yang menyenangkan hati, sehingga tidak terbebani.
  • Berkawanlah dengan orang shaleh. Ini bisa menjadi motivasi kita untuk melaksanakan shalat fardhu. Bila sehari-hari kita berkawan dengan orang yang rajin shalat, maka kita pun terbiasa mengikuti hal tersebut, insyaAllah.

Nah, di atas sudah disinggung manfaat melaksanakan shalat fardhu, akibat bila meninggalakan sahalat fardhu, dan cara memotivasi diri melaksanakannya. Jadi, sangatlah merugi bagi umat muslimin dan muslimah yang mengaku Islam, tetapi ogah shalat. Apa nggak malu nih sama Allah. hihihiiiii.....

Wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN "PARMIN" Karya Jujur Prananto

Teknik Membaca Ekspresif di Atas Pentas

Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik